5 Tips Mendapatkan Media Partner
Keberadaan media partner dalam sebuah acara tentu akan sangat membantu proses promosi. Oleh karena itu, para penggiat event harus melakukan usaha terbaiknya agar bisa menggaet sebanyak mungkin media partner untuk event tersebut. Nah, berikut 5 tips mendapatkan media partner yang bisa kamu coba lakukan.
1. Siapkan Anggaran
Tips mendapatkan media partner yang pertama adalah menyiapkan anggaran. Anggaran merupakan salah satu hal yang cukup krusial dalam sebuah event. Penggunaan dana harus diatur sebaik mungkin agar seluruh acara bisa berjalan dengan lancar. Nah salah satu pos anggaran yang harus kamu persiapkan adalah dana untuk media partner.
Meskipun saat ini terdapat beberapa media partner gratis, biasanya layanan publikasi yang diberikan terbatas. Oleh karena itu agar promosi bisa dilakukan dengan maksimal, sebaiknya kamu mengalokasikan sejumlah dana untuk melakukan publikasi acara melalui media partner.
2. Lakukan Riset dan Susun List Media Partner
Setelah anggaran dana siap, kamu bisa mulai mencari media partner yang sesuai dengan anggaran yang kamu miliki. Selain itu kamu juga harus memperhatikan audiens atau followers dari media partner tersebut.
Misalnya kamu ingin mengadakan perlombaan tingkat SMA, maka kamu harus mencari media partner yang banyak mempromosikan event sejenis. Namun jika kamu ingin mengadakan event yang berhubungan dengan lingkungan, kamu mungkin bisa bekerja sama dengan komunitas pecinta lingkungan sebagai media partner.
Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah syarat dan ketentuan yang dimiliki oleh masing-masing media partner. Biasanya kamu bisa memperoleh informasi tersebut melalui website maupun akun media sosial yang dimiliki media partner tersebut.
Selain itu, kamu juga bisa melihat opsi publikasi apa saja yang diberikan. Misalnya feed instagram, story, atau penggunaan media sosial lain seperti twitter, LinkedIn atau bahkan publikasi melalui website.
3. Buat Proposal Penawaran yang Menarik
Jika list media partner sudah siap, kamu kini bisa mulai membuat proposal. Pastikan kamu memberikan informasi mengenai acara secara detail. Kamu juga harus bisa memberikan penawaran yang menarik untuk media partner yang ingin kamu ajak untuk berkolaborasi.
Jangan lupa untuk memperhatikan kembali syarat dan ketentuan yang dimiliki oleh masing-masing media partner. Kamu bisa memasukkan hal-hal tersebut ke dalam proposal agar mereka tertarik untuk melakukan kerja sama denganmu.
4. Hubungi Pihak Media Partner dengan Sopan
Setelah proposal siap, maka ini saatnya kamu untuk menghubungi media partner. Pastikan kamu menghubungi mereka jauh-jauh hari atau maksimal dua minggu sebelum acara dilaksanakan.
Sebaiknya kamu menghubungi pihak media partner pada jam kerja. Jangan lupa untuk memperkenalkan diri dan organisasi atau komunitas yang kamu wakili. Kemudian, sampaikan maksud dan tujuan kamu dengan sopan.
Hal lain yang penting untuk kamu lakukan adalah melakukan follow up kepada media partner yang telah kamu berikan proposal sebelumnya. Jangan menyerah jika kamu belum mendapatkan respon yang baik dan terus berusaha hingga kamu berhasil bekerja sama dengan media partner yang kamu inginkan.
5. Buat MoU
Tips mendapatkan media partner yang terakhir adalah membuat MoU atau Memorandum of Understanding. Pastikan kamu membuat MoU dengan teliti dan hindari meng-copy paste MoU dari event-event sebelumnya.
Jika kamu membuat MoU untuk beberapa media partner, penting bagi kamu untuk memperhatikan syarat dan ketentuan dari masing-masing media partner telah tercatum dengan benar. Pastikan kamu meneliti dan membaca ulang kembali agar tidak timbul masalah di kemudian hari.
Setelah MoU ditandatangani, maka kamu bisa menunggu hasil kolaborasi tersebut sambil terus melakukan promosi. Jangan lupa untuk mempersiapkan hal lainnya agar acaramu berjalan dengan lancar.
Nah semoga tips mendapatkan media partner yang telah dijelaskan bermanfaat ya. Jangan lupa untuk kepoin artikel kolaborazi.id lainnya!